Powered By Blogger

Kamis, 12 Januari 2012

PEMANFAATAN BUKU-BUKU

PERPUSTAKAAN
A.          Pengertian perpustakaan
       Menurut Adjat sakri dan kawan –kawan dalam kamus kecil perpustakaan memberi Definisi : perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. Menurut definisi tersebut perpustakaan terdiri atas tiga unsur  yaitu, koleksi pustaka, pengunjung perpustakaan, dan sarana.
       Dari tiga unsur tersebut sangatlah saling berhubungan demi kemajuan kualitas SDM tersebut. Sarana perpustakaan terdiri atas gedung / ruang, peralatan dan perabotan untuk mengelolah. Sedangkan pustakawan adalah unsur terpenting yang akan menggerakan unsur – unsur lain.
       Jadi perpustakan itu merupakan suatu gedung yang didalamnya terdapat koleksi buku- buku serta disusun dengan rapi, dan dikelolah oleh pustakawan yaitu orang yang mengelolah perpustakaan tersebut.
B.        Pemanfaatan Buku - buku
1. Mulai dari sedikit      
       “ pernahkah kau pendangi tumpukan buku –buku ? sejak masuk sekolah kita sudah mulai memiliki buku pelajaran, makin lama makin banyak koleksi buku kita, ditambah lagi buku –buku lain selain buku mata pelajaran sekolah” ( Kartik rini, 2001 )
Maka dari itu kita memulai dari sedikit untuk membuat sebuah perpustakaan mini ( kecil ) yang bertujuan agar buku kita tertatat rapi, supaya tidak berserakan dirumah kita, dan juga buku tersebut bisa bermanfaat untuk kita dan orang lain yang membutuhkan, pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendelah dunia, tanpa kemana-mana, cukup membaca buku , agar menambah wawasan kita.
2.Mencatat KoleksiBuku
       Langkah awal yang harus kita lakukan membuat perpustakaan mini demi memanfaatkan buku –buku yang ada, yaitu mengumpulkan koleksi buku dan mencatatnya, atau juga iventaris buku perputakaan.
3. Membuat Katalogisasi Pustaka
       Katalog adalah daftar pustaka ( buku dan non buku ) milik suatu perpustakaan yang disusun secara sistematis dapat digunakan untuk mencari dan menemukan lokasi pustaka dengan mudah dan cepat ( soeatminah, 1991 )
C.        Pengadaan Koleksi
       “ Pengadaan koleksi adalah proses menghimpun bahan pustaka yang akan dijadikan koleksi suatu perpustakaan, koleksi yang diadakan hendaknya relevan dengan minat dan kebutuhan ” ( soeatminah, 1991 )
     Koleksi pustaka tersebut berasal dari berbagai macam sumber, seperti hadiah, tukar menukar, titipan dan pembelian. Maka dari itu kita ingin menambah koleksi perpustakaan itu sedikit demi sedikit kemudian buku kita tercukupi .
D.        Kisah adanya perpustakaan
     Ada dua hal yang menarik, yaitu sejarah tentang perpustakaan, tahukah kamu bahwa abad yang lampau manusia sudah membuat perpustakaan padahal peralatan masih sangat kuno, bahan pembuatannya dengan memakai tanah liat untuk menulis kehidupan sehari – hari, dan beberapa abad kemudian perpustakaan cukup berkembang yang menggunakan kertas payrus  yang lebih ringan tetapi lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar